Inne Nathalia: Hindari Zona Nyaman

inne nathalia

Sosoknya dikenal luas sebagai reporter di TV One. Namun bukan Inne Nathalia namanya bila puas di zona nyaman. “Ketika berada di zona nyaman, berhati-hatilah. Challenge diri sendiri supaya kenal orang banyak, lingkungan baru, hal-hal baru sehingga hidup menjadi komplit. Menghindari zona nyaman itu intinya sudah di posisi yang enak tapi ingin cari yang tidak enak,” tutur Inne dengan mata berbinar.

Ketika masih kuliah, Inne sempat magang di bidang penulisan fashion dan gaya hidup di majalah Canting. Kemudian ia melanjutkan magang di Jak TV. Setelah lulus Inne bekerja selama sembilan bulan sebagai host di The Cafe, Hotel Mulia Senayan. “Setelah keluar dari hotel, inginnya santai. Suatu hari lihat ada lowongan Broadcat Development Program di TV One, seleksi sampai 10 kali hingga diterima. Mungkin itu jalannya,” ujar Inne mengulas senyum.

Inne merasakan ilmu jurnalistik yang dipelajari di kampus didominasi teori. Saat magang Inne mengaku memperoleh ilmu yang bisa ia diskusikan dengan dosen. “Ketika di TV benar-benar learning by doing tapi seru. Bisa mengetahui karakter orang, mengobrol dengan pejabat yang selama ini hanya dilihat di TV,” kata Inne yang didukung keluarganya selama menjalani profesi sebagai jurnalis.

Inne mengisahkan profesinya sebagai jurnalis membawa keberuntungan bagi dirinya yaitu mewawancarai langsung tokoh idolanya Habibie. “Seharian saya bersama Habibie sampai foto bareng,” kenang Inne. Dari sang idola Inne memetik pelajaran untuk memiliki kemauan yang kuat dalam mempelajari banyak hal. Baginya segala ajaran Habibie bisa diterapkan secara universal.

Menyinggung kepindahannya dari TV One ke Kompas TV, Inne beralasan ingin mencari tantangan baru apalagi dunia TV penuh kedinamisan. Baginya tiap orang punya motivasi yang berbeda-beda pindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja yang lain. Inne menilai Kompas TV berbeda dengan stasiun-stasiun TV lain. “Cita-cita saya ingin kerja di Grup Kompas dilatarbelakangi kegemaran membaca harian Kompas sejak kecil. Didukung pula oleh tawaran yang menarik dari pihak Kompas TV,” jelas Inne yang bila jenuh memilih recharge diri dengan travelling ke Puncak atau Bandung atau menonton bioskop.

Selama menjalani pekerjaan sebagai jurnalis di Kompas TV Inne tidak mengalami kesulitan berarti karena diuntungkan dengan nama besar Kompas. Walaupun demikian terkadang ada hambatan yang sifatnya teknis. “Wajarlah sebagai media baru masih banyak hal yang belum teratur contohnya mobil liputan bawa sendiri,” kata Inne mengakhiri perbincangan. [Ignasia]

Biodata:

Nama                           : Inne Nathalia

Lahir                            : Jakarta, 30 Desember 1984

Hobi                            : Travelling, membaca, bersepeda, dan memasak

Pendidikan                  : S1 IISIP jurusan jurnalistik, lulus tahun 2007

Motto hidup                : Hakuna Matata! (no worries for the rest of your day)

Pengalaman kerja        :

Jurnalis di Kompas TV(Maret 2011 sampai dengan saat ini)

Reporter di TV One (September 2008 sampai dengan Februari 2011)

Host di The Cafe Hotel Mulia Senayan (2007 sampai dengan 2008)

*Artikel ini dimuat di Majalah Jia Xiang, Juli 2012

Advertisements
Inne Nathalia: Hindari Zona Nyaman

2 thoughts on “Inne Nathalia: Hindari Zona Nyaman

  1. innenathalia says:

    Terima kasih artikelnya ya, mbak.. Ralat untuk tahun kelulusan kuliah saya 2007 😀 2003 adalah tahun masuk kuliahnya 🙂 Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s