Konsumi Buah: Investasi Kesehatan untuk Masa Depan

Data WHO menunjukkan terjadi kenaikan penderita kanker. Jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker di seluruh dunia meningkat menjadi lebih dari 14 juta. Pada rentang 2008 hingga 2012 jumlah penderita kanker bertambah sebanyak 13 juta. Selama kurun waktu tersebut jumlah pasien yang meninggal akibat kanker meningkat dari 7,6 juta menjadi 8,2 juta.

WHO juga menyatakan kanker payudara adalah kanker yang paling sering dijumpai pada perempuan di 140 negara. Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di negara-negara berkembang. Fenomena kenaikan jumlah penderita kanker disebabkan oleh perubahan gaya hidup di negara berkembang. Jumlah perokok dan orang yang mengalami kelebihan berat badan meningkat. WHO memperkirakan angka penderita kanker akan naik menjadi 19 juta orang pada 2025.

Selain kanker, stroke menjadi salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Penderita stroke membutuhkan pengobatan dalam jangka panjang dan biaya pengobatan yang sangat tinggi. Tak hanya itu, produktivitas pasien terus menurun. Data pada 2010 di Amerika Serikat, stroke berada di urutan ketiga teratas sebagai penyebab kematian setelah penyakit jantung dan kanker. Setiap tahunnya penderita stroke di negara tersebut mencapai 700 ribu orang.

Mengetahui fakta di atas tentu menjadi hal yang menakutkan bagi kita yang tinggal di kota besar. Pekerjaan yang padat membuat kita lupa akan arti penting kesehatan. Hingga ketika sakit itu datang, timbul penyesalan. Namun jangan berputus asa. Tidak ada kata terlambat. Hidup sehat bisa dimulai saat ini, detik ini juga. Hanya dibutuhkan komitmen yang teguh untuk tak berhenti menjalaninya.

Seakan gayung bersambut. Niat menjalani gaya hidup sehat sejalan dengan tantangan Sunpride, brand yang disandang PT Sewu Segar Nusantara untuk memayungi buah-buahan yang didistribusikan di Indonesia sejak tahun 1995. Informasi dalam http://www.sunpride.co.id menguraikan My 7-Days Fruits Diary. Tak perlu berpikir dua kali untuk memulainya. Apalagi buah-buahan Sunpride cukup mudah dijumpai terutama di Jakarta. Hal tersebut tak lepas dari distribusi penjualan di lebih dari 3.000 toko di seluruh Indonesia.

Hari ke-1

An apple a day keeps the doctor away.

Demikian ungkapan yang sering kita dengar mengenai apel. Apel sendiri bukan buah yang asing di lidah orang Indonesia. Sunpride sendiri menyajikan banyak varian apel. Saat mendatangi sebuah supermarket di bilangan Sarinah, saya menjumpai beberapa ragam apel Sunpride. Dalam tantangan tujuh hari ini, apel mendominasi. Pada hari pertama ini saya mengonsumsi Granny Smith Apple.

Granny Smith Apple, sekilas seperti Apel Malang
Granny Smith Apple, sekilas seperti Apel Malang

Karena udara cukup panas di hari Minggu yang menyenangkan ini, rasanya lebih tepat menyantap minuman dingin. Pilihan jatuh pada es kelapa muda jeruk. Rasa Granny Smith Apple yang sedikit asam dan kecut dengan cepat ditutupi oleh es yang manis. Saya senang ketika melihat kemasan Granny Smith Apple yang sangat rapi. Dengan demikian tidak akan mudah busuk jika disimpan di kulkas dalam waktu yang agak lama. Sunpride memang hebat!

Asam dan manis berpadu menjadi satu
Asam dan manis berpadu menjadi satu

Untuk para perempuan, mengonsumsi apel sangat bagus untuk kecantikan. Antioksidan yang terkandung dalam apel membantu pertumbuhan dan peremajaan sel. Tak heran, kulit pun semakin cerah. Selain itu kandungan vitamin A, B, dan C nya mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Bagi kalian yang sering berjerawat, konsumsilah apel secara rutin karena dapat mengontrol dan mencegah jerawat. Patut dicoba!

Hari ke-2

Eating apples is good on so many levels. There’s fiber in the skin that’s really good for you. It helps with digestion and helps you absorb all the nutrients of everything you’ve eaten that day. Apples are a really good thing. -Rebecca Romijn-

Sepertinya quote di atas tepat mewakli apa yang saya rasakan hari ini. Tidak seperti biasanya, saya bangun pagi dengan perut yang melilit. Rasanya ingin buang air besar (BAB) tapi sulit. Saya sudah mencoba minum air putih dua gelas, tetap tak menolong. Dalam suasana sembelit yang tak mengenakkan ini, tiba-tiba saya teringat di kulkas masih ada persedian apel. Segera saya ambil Pacific Rose Apple dengan harapan mengurangi sembelit. Saya kunyah bersama kulitnya. Dalam 20 menit BAB menjadi lancar. Lega.

Pacific Rose Apple, penyelamat sembelit pagi ini
Pacific Rose Apple, penyelamat sembelit pagi ini

Saat makan siang, saya tak lupa dengan Pacific Rose Apple yang menjadi pahlawan hari ini. Sebelum santap siang, saya kunyah perlahan Pacific Rose Apple. Dari sumber yang saya baca, mengonsumsi buah sebelum makan adalah langkah tepat daripada mengonsumsi buah setelah makan. Alasannya, vitamin yang terkandung dalam buah lebih mudah diserap dan bermanfaat untuk tubuh. Selama ini kita diajarkan untuk mengonsumsi buah setelah makan sebagai pencuci mulut. Setelah membaca informasi tersebut, saya mengubah cara konsumsi buah. Tentunya demi masa depan tubuh yang lebih baik.

Konsumsi buah sebelum makan
Konsumsi buah sebelum makan

Hari ke-3

Never interrupt me when I’m eating a banana. -Ryan Stiles-

Sepertinya mulut membutuhkan rasa lain selain apel yang sudah saya konsumsi dua hari ini. Pilihan pun jatuh pada pisang Cavendish. Kulitnya yang kekuningan terlihat sangat mulus dan bersih. Rasanya manis dan semakin manis karena saya juga minum orange juice. Dibuka dengan yang manis. Harapannya, tidak ada kejadian pahit hari ini. Amin.

Pisang Cavendish, si manis pembuka hari
Pisang Cavendish, si manis pembuka hari

Masih ada dua pisang Cavendish. Rasanya ingin menyantap tapi dalam bentuk yang berbeda. Mengapa tidak mencoba membuat kukis? Buka lemari, bahan-bahan masih ada. Hitung-hitung bisa menjadi teman minum teh sore nanti. Setelah makan siang dan tenaga terkumpul, aksi pun dilancarkan. Tidak sulit membuatnya. Dalam tempo dua jam, kue kering pisang siap dilahap. Semakin nikmat karena di dalamnya ada kacang tanah dan choco chips. Rasanya mulut tak ingin berhenti mengunyah.

Kue kering pisang, tak cukup hanya satu
Kue kering pisang, tak cukup hanya satu

Hari ke-4

Life without love is like a tree without blossoms or fruit. -Kahlil Gibran-

Di hari keempat ini, yuk konsumsi lagi apel. Pilihan jatuh pada Fuji Apple. Rasanya tidak beda jauh dari Pacific Rose Apple. Manis, menyegarkan. Malus domestica, itulah nama latin apel seperti yang diuraikan dalam http://www.sunpride.co.id. Mencegah diabetes, menjadikan organ jantung lebih sehat, menghindarkan diri dari kanker, serta penglihatan yang lebih jernih adalah sebagian dari keajaiban apel.

Apel, buah penuh keajaiban
Apel, buah penuh keajaiban

Bagi mereka yang ingin menangkal datangnya penyakit diabetes, sangat dianjurkan mengonsumsi apel setiap harinya. Sementara untuk mereka yang ingin mengonsumsi apel beserta kulitnya, jangan lupa mencuci apel di bawah air mengalir. Pastikan apel cukup bersih sebelum dikonsumsi. Udara yang kurang bersahabat akhir-akhir ini cukup mengganggu aktivitas jika sakit datang. Untuk mencegahnya, konsumsi apel yang mampu memperkuat sistem imun tubuh.

Banyak penyakit bisa dicegah hanya dengan mengonsumsi apel
Banyak penyakit bisa dicegah hanya dengan mengonsumsi apel

Hari ke-5

A man watches his pear tree day after day, impatient for the ripening of the fruit. Let him attempt to force the process, and he may spoil both fruit and tree. But let him patiently wait, and the ripe fruit at length falls into his lap. -Abraham Lincoln-

Pir, buah yang ingin dikonsumsi hari kelima ini. Rasanya akan lebih tepat jika sambil mengunyah pir, otak pun mendapat asupan. Bacaan yang tepat pada pagi hari tak lain dan tak bukan adalah koran. Mungkin sudah banyak yang meninggalkannya. Beralih ke internet yang menyajikan segudang berita. Namun untuk kami sekeluarga, tak menyentuh koran di pagi hari itu rasanya ada yang kurang.

Koran dan pir, sempurna
Koran dan pir, sempurna

Singo pear, sebagaimana yang dipaparkan dalam http://www.sunpride.co.id mengandung banyak air dan manis. Menyerupai apel dan bentuknya besar. Sarapan yang mengenyangkan untuk hari ini. Kandungan serat yang tinggi dari pir ini dapat membantu mengurangi sembelit, gangguan pencernaan, bahkan kanker kolon.

Pir dengan kandungan serat yang tinggi
Pir dengan kandungan serat yang tinggi

Hari ke-6

Eat good, feel good.

Guava Crystal atau jambu biji atau jambu batu adalah buah yang saya pilih di hari keenam ini. Guava Crystal ini memiliki daging berwarna putih, rasanya lembut. Saya makan bersama kulitnya. Kelembutannya menarik perhatian saya untuk menjadikannya bekal. Tak menunggu waktu lama, saya segera memotongnya dalam ukuran yang kecil dan mengemasnya dalam kotak makanan yang praktis.

Bekal yang menyehatkan bersama Guava Crystal
Bekal yang menyehatkan bersama Guava Crystal

Kandungan lycopene dalam jambu biji berkhasiat mencegah pertumbuhan tumor. Sementara kandungan fitonutrien menjadikannya mampu mencegah kanker. Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat menambah jumlah sel darah merah Anda. Jambu biji bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau dicampurkan dalam bahan makanan lainnya. Dengan demikian Anda tidak akan bosan mengonsumsinya.

Guava Crystal ampuh menetralkan radikal bebas penyebab kanker
Guava Crystal ampuh menetralkan radikal bebas penyebab kanker

Hari ke-7

Every plant teaches us. When the blossom dies, the fruit appears in it. -Vikrant Parsai-

Hari ketujuh ini menjadi penutup tantangan. Bukan berarti selanjutnya saya tidak mengonsumsi buah. Tantangan ini menjadi cambuk bagi saya untuk tidak melupakan buah setiap harinya. Kembali di hari ketujuh ini saya mengonsumsi apel. Braeburn Apple lebih tepatnya. Rasanya manis dan empuk. Varian apel ini yang paling saya suka dibanding varian lainnya. Penutup yang memuaskan!

Braeburn Apple, terus memanggil untuk disantap
Braeburn Apple, terus memanggil untuk disantap

Kalian yang sering mengonsumsi apel beserta kulitnya tak perlu takut. Apel Sunpride ini dijamin mutu dan keamanannya. Bebas residu pestisida dan tanpa formalin dengan konsistensi kualitas, rasa, dan kesegaran. Itulah garansi yang diberikan Sunpride seperti yang tertulis di http://www.sunpride.co.id. Hal tersebut dilakukan Sunpride untuk menjaga kepercayaan konsumen baik di dalam maupun luar negeri.

Fruits make you strong!

 

Advertisements
Konsumi Buah: Investasi Kesehatan untuk Masa Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s