Mari Berbagi

“Kebahagian Anda tumbuh berkembang manakala Anda membantu orang lain. Namun, bilamana Anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering. Kebahagiaan bagaikan sebuah tanaman, harus disirami setiap hari dengan sikap dan tindakan memberi.” –J. Donald Walters

Februari 2015, masih teringat jelas. Saat itu adik saya yang bekerja di Harmoni, Jakarta Pusat harus menempuh perjalanan panjang menerjang banjir. Tujuannya rumah kami di Sunter, Jakarta Utara. Payung melindungi tubuhnya dari rintik hujan yang tak kunjung reda. Sementara kakinya yang basah akibat banjir setinggi betis orang dewasa terus melangkah. Ia harus menerima kenyataan, tak ada satupun kendaraan yang melintas.

Tidak hanya adik saya yang mengalami peristiwa tersebut, juga orang lain. Banyak yang menyalahkan pemerintah. Tak sedikit yang mengakui banjir sebagian disebabkan oleh ulah dirinya sendiri yang sering membuang sampah sembarangan misalnya. Saat sebagian warga Jakarta menjadi korban banjir, ada sejumlah pihak yang turun tangan. Mereka membantu tanpa kenal batas, salah satunya adalah Palang Merah Indonesia (PMI).

banjir
Ketiadaan angkutan umum semakin menyulitkan para pekerja untuk mencapai rumah mereka

PMI berdiri sejak tahun 1945. Sebagai perhimpunan sosial kemanusiaan, PMI tak hanya melaksanakan tugas dalam penanggulangan bencana, juga pengelolaan transfusi darah terkait penggunaan darah bagi pengobatan dan pemulihan kesehatan. Terkait banjir yang melanda Jakarta pada Februari lalu, PMI mewujudkan misi sosial dengan mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir dan menyalurkan bantuan makanan.

PMI membuka dapur umum di markas PMI di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Para relawan membagikan 500 nasi kotak untuk warga di Kelurahan Petamburan dan Karet. Selain itu 300 porsi makanan juga didistribusikan kepada korban banjir di masing-masing lokasi, yaitu Rawa Buaya, Kedaung Kali Angke, Kedoya Utara, dan Kedoya Selatan.

Sementara itu di Jakarta Timur, PMI menyediakan 3.000 bungkus makanan, 7.400 roti, dan 3.000 bungkus kacang hijau untuk masyarakat setiap harinya. Di Jakarta Utara PMI menyediakan 2.060 bungkus makanan per harinya untuk korban banjir.

banjir2
PMI melakukan penyelamatan kepada para korban banjir

Di Kelurahan Petamburan PMI mengerahkan enam relawan, satu ambulans, dan perahu karet untuk mengevakuasi para lansia. PMI juga mengevakuasi warga di Rawa Teratai, Kecamatan Cakung  dengan mengerahkan satu perahu karet, dua rakit, dan satu ambulans. Sementara itu PMI menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga di Kelapa Gading dan Penjaringan.

PMI melakukan evakuasi kepada korban banjir di Kedoya dengan menurunkan dua perahu karet dan mengerahkan 60 relawan untuk membantu warga yang terkena banjir. PMI juga membantu evakuasi dan menolong korban longsor di Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa.

 

Kepedulian

Indonesia sebagai negara yang rawan bencana rentan terhadap tanah longsor, gempa bumi, dan tsunami. Memasuki tahun 2016, ancaman banjir masih mengintai Jakarta. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PMI mengadakan Bulan Dana PMI di sejumlah kota, seperti Yogyakarta, Purworejo, dan Pekalongan. Total dana yang berhasil dikumpulkan Yogyakarta dari kegiatan tersebut sebesar Rp 459 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional PMI, antara lain biaya layanan unit transfusi darah yang mengolah darah dari pendonor hingga siap digunakan, pengadaan ambulans, serta bantuan untuk masyarakat yang menjadi korban bencana.

26 Desember diperingati sebagai hari sukarelawan PMI. Saat ini PMI memiliki kurang lebih 1,5 juta sukarelawan. Mereka mengerahkan waktu dan tenaga membantu korban bencana dan melakukan pelayanan kemanusiaan. Jika Anda ingin menunjukkan kepedulian terhadap masalah kemanusiaan tapi terhalang waktu dan tenaga, saat ini PMI memberikan kemudahan. Cukup transfer uang yang ingin Anda donasikan, ke:

  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin, Nomor Rekening: 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya, Nomor Rekening: 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda, Nomor Rekening: 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Apa saja tujuan dari keterlibatan masyarakat berdonasi di PMI?

  1. Meningkatkan kapasitas sumber daya PMI baik sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penanganan bencana di seluruh Indonesia.
  2. Meningkatkan pelayanan PMI kepada masyarakat secara berkesinambungan.
  3. Meningkatkan akuntabilitas PMI sebagai organisasi kemanusiaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Menumbuhkan, mensosialisasikan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kemanusiaan.
  5. Menunjukkan kontribusi dan kepedulian terhadap keberlanjutan hidup sesama yang merupakan korban bencana.

Berapapun donasi yang diterima akan sangat berarti untuk keberlangsungan program-program PMI. Semangat berbagi kepada sesama tidak hanya bisa dilakukan orang dewasa. Anak-anak pun sejak dini bisa dilibatkan agar terpupuk nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu menjadi sarana pembelajaran untuk mereka, tumbuh menjadi pribadi yang peka. Semakin banyak dana yang terkumpul akan semakin memaksimalkan layanan PMI. Ayo peduli bantu sesama!

 

PMI peduli bantu sesama

http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta

 

 

 

Advertisements
Mari Berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s