Gerhana Matahari Total, Momentum Promosi Pariwisata Belitung

foto1
Belitung siap menjadi destinasi GMT. Sumber foto: Beliefnet

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang menjadi daya tarik tersendiri bagi promosi pariwisata Indonesia. Jutaan turis diperkirakan menjadi saksi peristiwa yang terjadi 33 tahun sekali ini. Untuk itu diharapkan pemerintah daerah menyiapkan paket wisata yang menarik wisatawan.

Di tengah melemahnya perekonomian baik nasional maupun global, sektor pariwisata dinilai mampu menopang pertumbuhan ekonomi. Termasuk menyumbang devisa negara melalui kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi wisata di Indonesia. Pemerintah menargetkan tingkat kunjungan wisman sebesar 20 juta orang tahun 2019.

GMT terjadi saat piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah bergantung pada masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari. GMT akan berlangsung pada pagi hari ketika matahari beranjak naik dari ufuk timur. Peristiwa GMT pernah terjadi 32 tahun lalu, tepatnya tahun 1983. Peristiwa ini akan kembali terjadi pada 2049.

GMT, event sekali seumur hidup, ini dapat disaksikan di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso, dan Halmahera. Selain kota-kota tersebut, gerhana matahari sebagian dapat disaksikan di Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon.

Penelitian dan kegiatan menyaksikan GMT bersama akan dipusatkan di Belitung. Alasannya, pariwisata Belitung tengah berkembang dan letaknya tidak jauh dari Jakarta yaitu satu jam perjalanan dengan pesawat.

foto3
Pesona wisata pasca menyaksikan GMT. Sumber foto: Fotokita.net

Peningkatan Pendapatan

GMT bisa dijadikan pintu masuk untuk mempromosikan Belitung ke dunia internasional. Selain turis dari Malaysia dan Singapura, wisman yang menggunakan yacht atau kapal pesiar juga akan mendatangi Belitung untuk menyaksikan GMT. Mereka tentunya tidak melewatkan kesempatan berjalan-jalan mengelilingi Belitung yang memiliki wisata gunung seperti Gunung Menumbing, wisata pantai seperti Pantai Parai Tenggiri, hingga wisata pulau seperti Pulau Lengkuas.

GMT menjadi momen meningkatkan pendapatan pelaku industri pariwisata. Untuk itu, PT Timah, salah satu perusahaan penambangan timah terkemuka di Belitung akan mengabadikan GMT ke dalam koin yang terbuat dari timah. Souvenir tersebut diharapkan menjadi pengingat wisatawan yang pernah menyaksikan GMT di Belitung. Tidak hanya diabadikan dalam koin, GMT juga akan diabadikan dalam perangko peringatan yang diterbitkan PT Pos Indonesia.

Semua lini termasuk hotel, restoran, tour operator, dan tour agent harus kompak menjadikan fenomena GMT yang langka ini menjadi aktivitas yang menghasilkan pemasukan bagi pelaku usaha pariwisata. Seluruh pihak harus mengoptimalkan persiapan dan pelaksanaan GMT. Wisatawan harus puas sehingga memperlama waktu kunjungan mereka, mengeksplorasi pesona keindahan Belitung. Merekalah yang akan mempromosikan keindahan ‘Negeri Laskar Pelangi’, bertindak sebagai ‘duta wisata’ menceritakan dan mempromosikan keindahan Bangka Belitung di tempat asalnya masing-masing. Tak menutup kemungkinan panorama Belitung disebarkan melalui media sosial atau blog.

Kecamatan Manggar dan Kecamatan Damar di Belitung Timur adalah lokasi yang direkomendasikan sebagai tempat sempurna melihat fenomena GMT. Wilayahnya sangat terbuka, langitnya telanjang bulat. Tidak ada hambatan, misalnya pohon atau sesuatu yang menghadang sehingga bisa menyaksikan GMT dengan maksimal.

Di Kecamatan Manggar, titik-titik yang direkomendasikan adalah Bukit Samak, Pantai Olipier, Pulau Buku Limau, dan Pantai Serdang. Sementara di Kecamatan Damar, titik yang direkomendasikan adalah Pantai Tambak. Khusus untuk fotografer, rekomendasinya adalah Pantai Olipier. Di sana setelah sunrise terjadilah detik-detik GMT yang bisa segera diabadikan.

Sumber:

http://travel.detik.com/read/2016/02/18/180020/3145628/1382/gerhana-matahari-total-diharap-promosikan-wisata-belitung-ke-dunia

http://travel.detik.com/read/2016/02/18/170047/3145556/1382/rekomendasi-tempat-melihat-gerhana-matahari-total-di-belitung

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_matahari

Ilustrasi gerhana matahari total
Ilustrasi gerhana matahari total

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
Gerhana Matahari Total, Momentum Promosi Pariwisata Belitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s