Semen Padang, Memberi untuk Menerima

SP2
Penghargaan Superbrands yang diterima Semen Padang tahun 2015

The more you give, the more you get. Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak Anda menerima.

Ungkapan itu layak ditujukan kepada PT Semen Padang. Betapa tidak perusahaan yang didirikan pada 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM) tersebut kembali meraih penghargaan Superbrands tahun 2015. Penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa Semen Padang masih menjadi pilihan semen terbaik di Indonesia, menghadirkan produk terbaik kepada masyarakat.

Penghargaan Superbrands yang diterima ini merupakan penghargaan kedua setelah tahun 2012 lalu PT Semen Padang juga menerima penghargaan serupa. Penghargaan tersebut tidak membuat Semen Padang berbangga diri, melainkan memacu Semen Padang terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Superbrands adalah otoritas independen internasional dan pengawas branding, organisasi yang mempromosikan disiplin branding dan memberikan penghargaan kepada program merk luar biasa di lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

SP1
Program pembinaan UMKM oleh PT Semen Padang

Sebagaimana slogan PT Semen Padang, “Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkannya”, beragam program Corporate Social Responsibility (CSR) telah diadakan. Antara lain, pertama, penghijauan di lahan reklamasi dengan menanam sejumlah pohon untuk menciptakan lingkungan perusahaan yang ramah lingkungan. Tidak hanya di lingkungan pabrik, PT Semen Padang juga aktif melakukan penghijauan di lingkungan masyarakat, seperti kampus Universitas Andalas dan kawasan lainnya.

Kedua, penyerahan 300 pohon produktif oleh PT Semen Padang kepada warga Kelurahan Indarung. Tujuannya menghijaukan lingkungan, membuat lingkungan asri, dan menambah pendapatan warga di masa mendatang. Tujuan lainnya adalah mendayagunakan modal sosial warga dalam kegiatan pemberdayaan. Ketiga, pengembangan potensi diri ibu-ibu rumah tangga oleh Lembaga Amil Zakat Semen Padang melalui Program Ekonomi Komunitas. Pengembangan potensi tersebut dalam bentuk pembuatan beragam penganan, seperti donat dan mie ayam. Tujuannya adalah menabung dan berinfak membantu orang lain yang membutuhkan.

Keempat, meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjaring 500 calon UMKM yang akan dibina. Tahun 2015 lalu, program CSR ini mampu menjaring 325 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). PT Semen Padang akan memberikan bantuan dana bergulir diikuti pembekalan, monitoring, pendampingan, dan pembinaan. Dengan demikian dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil yang menjadi mitra binaan tangguh dan mandiri. Pada akhirnya menggerakkan perekonomian Sumatera Barat melalui pembukaan lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi angka pengangguran. Hingga awal 2016, jumlah UMKM binaan Semen Padang yang aktif tercatat sebanyak 1.800.

.

 

 

Advertisements
Semen Padang, Memberi untuk Menerima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s