Praktisnya Belanja di BlibliMart untuk Kaum Urban Jakarta

20200130_120742

Selamat datang di Blibli Mart Offline Store Masuki era belanja mandiri yang memudahkan hidup Anda.

Di Bliblimart Anda bisa menemukan aneka produk yang dijual di Blibli.com dari makanan dan minuman, perawatan diri seperti kosmetik, obat-obatan, sampai produk ibu dan anak. Experience jual online tersebut kini bisa ditemukan di Blibli Mart Offline Store. Bliblimart berlokasi di Blibli Office, Gedung Sarana Jaya.

20200130_121748

Blibli Mart menghadirkan pengalaman berbelanja online to offline yang menyenangkan. Anda bisa menemui berbagai produk yang selama ini bisa ditemukan di Blibli.com, termasuk produk lokal Indonesia yang ditawarkan di Galeri Indonesia.

20200130_120917

Siang itu di tengah cuaca yang cukup terik saya memasuki Blibli Mart. Udara sejuk seketika menyambut. Di sisi kanan terdapat merchant Kopi Janji Jiwa sementara di sebelah kiri terdapat merchant makanan. Terlihat beberapa karyawan Blibli menikmati kopi sambil mengobrol.

20200130_120902

Saya kelilingi satu per satu rak dengan produk yang tertata rapi. Beragam kebutuhan rumah tangga ditawarkan dengan harga kompetitif. Kenyamanan berbelanja saya rasakan sebab tidak ada store crew yang mempromosikan produk. Hal yang terkadang mengganggu ketik saya berbelanja di supermarket lainnya.

Walaupun Bliblimart tidak terlampau besar, menurut saya produk yang dijual terbilang lengkap. Bahkan saya menemukan mainan anak dan suplemen kesehatan.

20200130_115250

Tidak sulit menemukan produk yang saya butuhkan. Beras dan minyak goreng. Dua item itu segera saya masukkan ke keranjang belanja.

Berbelanja di Bliblimart adalah pengalaman pertama saya. Seketika saya bingung. Saya tidak menemukan kasir. Setelah beberapa saat memutari Bliblimart, saya menemui store crew. Saya menanyakan perihal cara pembayaran.

Store crew dengan sabar menuntun saya melakukan transaksi. Tahap demi tahap dijelaskan. Saya berterima kasih untuk itu.

20200130_120649

Pertama, buka aplikasi Blibli.com. Kedua, Scan barcode produk. Tak lama keluar harga produk. Produk pun masuk ke Bag Bliblimart pada aplikasi Blibli.com.

Screenshot_20200130-115953_Bliblicom

Ketiga, setelah tertera harga produk yang harus dibayarkan lakukan checkout. Pilih pembayaran menggunakan Gopay. Pastikan saldo Gopay Anda mencukupi. Jika saldo Gopay Anda tidak mencukupi, Anda bisa membeli saldo tersebut di Bliblimart.

Screenshot_20200130-120140_Bliblicom

Karena saya mendapatkan voucher sejumlah Rp 50 ribu dari Blibli (dengan minimal pembelanjaan sebesar Rp 75 ribu), saya masukkan kode voucher saat melakukan pembayaran. Terima kasih Blibli.

Buka aplikasi Gojek. Nominal pembayaran tertera di aplikasi. Lakukan pembayaran. Tak sangka saya mendapatkan cashback sebesar Rp 4.335, senangnya.

Screenshot_20200130-120234_Gojek

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, crew store mengarahkan saya ke bagian verifikasi. Di sana saya menunjukkan bukti transaksi yang berhasil dilakukan. Crew store selanjutnya melakukan scan di barcode yang tertera.

20200130_120433

Saat menanyakan kantong belanja, crew store menyampaikan bahwa Bliblimart menerapkan konsep go green. Dengan demikian tidak ada kantong plastik seperti di supermarket lainnya. Customer bisa membeli kantong belanja dari kain di Bliblimart.

20200130_121836

Saya teringat kantong belanja dari kain yang saya bawa dari rumah. Beras dan minyak segera saya masukkan ke dalamnya. Saya pun menenteng barang belanjaan ke rumah dengan riang.

Berbelanja di Bliblimart melatih saya untuk berbelanja secara mandiri. Tak hanya itu, ada unsur rekreasi yang saya rasakan. Memanjakan mata dengan menelusuri varian produk. Saya juga mengetahui produk-produk baru yang sedang beredar di pasaran.

Sungguh mudah dan cepat berbelanja di Bliblimart. Pengalaman berbelanja yang sangat mengasyikkan, terutama saya tidak perlu membawa banyak uang cash. Metode cashless yang sangat cocok untuk warga urban.

 

Berbagai Fitur Menarik

Blibli.com adalah online shopping mall yang menawarkan banyak varietas produk. Tercatat 15 produk, seperti handphone, tiket sampai Galeri Indonesia yang mengayomi UKM. Blibli.com mengusung business model B2B, B2C dan B2B2C (business to business to customer). Lebih dari 60% merchant yang terdaftar di Blibli adalah perusahaan.

Blibli juga punya Digital Product untuk membayar listrik sampai BJPS. Blibli Express Service (BES) adalah solusi pengiriman cepat dan terpercaya dengan lebih dari 1000 kurir di Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar sampai Makassar. BES mampu mengirim produk frozen&fresh food sampai produk dengan pengiriman khusus.

Selain itu ada Fulfillment by Blibli, fasilitas yang disediakan untuk merchant partner secara gratis. Merchant dapat menitipkan produk di Blibli.com Warehouses dan Blibli.com akan mengurus operasional pengiriman pesanan. Fulfillment by Blibli mampu meningkatkan order hingga 3 kali lipat. Manfaat lainnya adalah operasional pengiriman diurus oleh pihak Blibli, tanpa biaya operasional dan biaya gudang.

Cash on Delivery (COD) juga ditawarkan Blibli.com di Jakarta, Tangerang sampai Medan. COD dinilai mampu meningkatkan trust customer terhadap toko dan menambah opsi pembayaran bagi customer.

Blibli Instore, fitur berjualan offline to online yang tersedia di Blibli.com. Customer berbelanja di toko offline tapi bisa melakukan transaksi dengan promo atau metode pembayaran yang Blibli sediakan. Untuk bergabung di Blibli Instore, merchant harus mempunyai average SKU di atas Rp 1 juta. Kebanyakam merchant gadget dan merchant skincare yang bergabung di fitur ini.

Click and Collect, customer dapat berbelanja secara online melalui aplikasi/web Blibli lalu mengambil produk di toko terkait (tanpa pengiriman).

Fitur QR Code, customer cukup pindai QR Code dengan smartphone. Tujuannya adalah meningkatkan awareness customer offline terhadap toko online di Blibli.com. Customer lebih mudah menemukan toko dan produk di Blibli.com, meningkatkan penjualan, dan memudahkan display produk dengan space toko yang terbatas. Dengan demikian merchant dapat bertumbuh bersama Blibli dari sisi traffic maupun sales.

Blibli Official Store, diklasifikasikan berdasar merchant atau brand. Keuntungannya adalah desain toko sendiri dan buat promo sendiri.

Layanan merchant care: 021-57977777 atau live chat: Merchant Tool Application pada Senin sampai Minggu pk 08.00-22.00. Perbedaan Blibli dengan marketplace lain adalah tidak ada interaksi antara merchant dan customer. Blibli menyediakan layanan untuk masing-masing merchant dan customer.

Praktisnya Belanja di BlibliMart untuk Kaum Urban Jakarta

Leave a comment