Wujudkan Mimpi Membangun Kembali Bisnis bersama Blibli

Kue Kering Gula Palem Kenari Coconas Cookies
Kue Kering Gula Palem Kenari, salah satu Kreasiku kala itu

“Don’t be intimidated by what you don’t know. That can be your greatest strength and ensure that you do things differently from everyone else.” -Sara Blakely-

Memasak. Kata itu jauh dari penggambaran diri saya. Dibandingkan adik, kemampuan memasak saya terbilang kurang. Jika ia mampu menyajikan nasi goreng yang cocok di lidah kami sekeluarga, tidak dengan saya. Seingat saya kemampuan memasak  hanya sebatas mengolah mie instan. Bukan prestasi yang patut dibanggakan bukan?

Namun semua penilaian itu pudar setelah saya mengikuti sebuah seminar. Para pembicara memunculkan semangat untuk berwirausaha. Saya masih ingat dengan perkataan seorang pembicara,  jika ingin berwirausaha sebaiknya jangan meninggalkan pekerjaan utama. Lakukan perlahan. Ketika dirasa hasil dari berwirausaha secara materi lebih besar dari pekerjaan utama, itulah saat yang tepat untuk serius membangun bisnis.

Jiwa kewirausahaan harus terus ditumbuhkan. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia 1,65% dari 250 juta penduduk. Harapannya persentase tersebut bisa ditingkatkan menjadi 2%. Dilihat dari jumlah wirausaha, Indonesia  tertinggal bila  dibandingkan dengan Singapura sebesar 7%, Malaysia (5%), dan Thailand (4%).

Inspirasi yang diperoleh dari seminar tersebut  sempat mengendap dua tahun lamanya akibat kesibukan pekerjaan dan minat pada bidang lain. Hingga di tanggal bersejarah,  28 Juni 2012 lahirlah Coconas Cookies. Coconas merupakan penggabungan nama saya dengan Cocos Nucifera, nama latin kelapa. Harapannya usaha kue kering ini memberikan manfaat untuk banyak orang sebagaimana halnya kelapa yang berfaedah dari  akar, daun, batang, hingga buah.

Selama proses mengandung Coconas Cookies, begitu banyak pertimbangan dan pemikiran.  Dari tenaga kerja sampai pengaturan waktu. Namun saat pesanan kue itu datang, ketakutan yang selama ini menghantui ternyata bisa dihadapi. Nikmati saja prosesnya. Tetaplah tersenyum. Kesuksesan adalah hasil dari hal-hal terbaik yang kita lakukan setiap hari.

Saya teringat pesan salah satu pembicara terkait pelayanan kepada konsumen. Saya selalu mengantarkan pesanan kue kering kepada para pembeli. Melihat reaksi pertama mereka saat menerima kue kering yang saya buat sendiri dan menerima komentar setelah mereka merasakan kue tersebut memunculkan kesenangan tersendiri. Semua keletihan hilang digantikan dengan semangat untuk menghadirkan rasa yang mengundang selera di lidah para penikmat Coconas Cookies.

Kembali ke soal kemampuan memasak, saya percaya bahwa setiap orang dianugerahi kemampuan istimewa dalam dirinya masing-masing. Belum bisa saat ini bukan berarti tidak bisa selamanya. Tantanglah diri Anda! Bertepatan dengan momen hari raya, saya melihat prospek usaha kue kering akan membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu berbekal resep yang saya peroleh dari internet, saya memberanikan diri untuk merealisasikan segudang ide.

Semuanya serba otodidak. Jatuh bangun, sukses gagal bukan barang baru. Semuanya melekat untuk menjadikan diri saya sebagai wirausaha yang sebenarnya. Saya ingin mengikuti jejak sukses wirausaha lainnya, terutama wirausaha wanita. Keputusan terpenting  dalam sebuah keluarga tak lepas dari tangan wanita. Kemajuan suatu bangsa pun tak terpisahkan dari campur tangan wanita. Para wanita Indonesia, bergeraklah. Mulailah melangkah dari sekarang. Langkah-langkah kecil yang Anda buat akan berarti besar untuk masa depan negara tercinta kita Indonesia.

Kue Kering Mete Coconas Cookies.jpg
Bersama Blibli saya yakin usaha yang sekian lama vakum bisa kembali berjaya.

Pada 2015 kesibukan bekerja membuat saya menutup sementara usaha kue kering Coconas Cookies. Rasanya sayang menutup selamanya usaha yang sudah dibangun dengan upaya yang sungguh besar. Hingga saya membaca sebuah artikel yang mengatakan, “first and foremost, must take responsibility for your own life. Take responsibility and ownership for your decision-making. Don’t blame anybody. Don’t blame the government”.

Agar usaha kue kering Coconas Cookies meraih kembali kejayaannya seperti saat dimulai, saya harus memasarkannya secara digital. Bersama Blibli saya merasakan semangat baru. Mungkin saya bisa berjualan di website Blibli. Rencana lainnya adalah merancang video step by step membuat kue kering. Segala upaya akan dikerahkan untuk mendukung usaha saya.

Tahun 2012 sampai 2014 lalu saya hanya memanfaatkan media blog, Facebook, dan Twitter untuk memasarkan produk. Sementara sosial media baru  bermunculan, seperti Instagram. Saya harus memanfaatkannya sebaik mungkin, seperti  upload foto terbaru kue kering Kreasiku serta informasi terkait lainnya. Bersama Blibli.com saya yakin, bisnis yang sekian lama vakum bisa kembali mendulang kesuksesan.

Wujudkan Mimpi Membangun Kembali Bisnis bersama Blibli

Leave a comment